
Rapat Koordinasi Pengelolaan Laman Resmi (Website) KPU Kabupaten Sleman Agar Lebih Tertata dan Aksesibel
Sleman – Dalam rangka peningkatan pelayanan informasi yang lebih tertata, KPU Kabupaten Sleman laksanakan rapat koordinasi pengelolaan laman resmi (website) pada Kamis, 10 Juli 2025. Penataan website diperlukan agar masyarakat juga lebih mudah dalam mengaksesnya.
Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Arif Setiawan menjelaskan bahwa di zaman yang semakin modern, website menjadi jendela bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi suatu lembaga instansi. Pengelolaan informasi dan tampilan harus lengkap dan mudah diakses. Selain itu, sistem proteksi keamanan juga harus ditingkatkan agar website tidak mudah diretas. Salah satu usaha yang dilakukan adalah akan mengundang narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Sleman yang akan berbagi pengetahuan terkait SMKI sebuah instansi.
Dalam kesempatan tersebut, Kasubbag Perencanaan, Data, dan informasi Sutarto menyampaikan bahwa pengelolaan website saat ini meliputi pembaruan materi, tampilan, dan penataan menu agar sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2023 tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di KPU serta untuk mendukung terpenuhinya komponen indikator pada Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahhun 2025.
Beberapa masukan yang terhimpun menjadi sarana perbaikan dalam penataan website KPU Kabupaten Sleman, diantaranya adalah dengan penambahan banner informasi untuk kegiatan non tahapan, penataan menu dan menonaktifkan item yang tidak perlu, perbaikan tautan, mengupayakan akses berkas dengan urutan termutakhir, sampai pada keselarasan update informasi yang harus selaras dengan media sosial.
Di penghujung materi, setiap fitur dicek ulang untuk dapat diketahui kekurangannya sehingga langsung dapat teridentifikasi dan dapat dipenuhi datanya sesuai sub bagian yang mengampu. (cls)